Senin, 26 Desember 2016

BELAJAR ARDUINO

Nahh teman-teman... elektronikapadang, sepertinya arduino bukan barang langka lagi di kalangan penggemar elektronika. maksud Uda, elektronikanya yg mulai expert hehehe. Nah bagi yang belum tau atau penasaran arduino itu apa yuk kita mulai bahasannya..

Uda mulai mengenal arduino ketika sibuk mencari microcontroller yang gapang di program atau di flash. Awal-awalnya Uda menggunakan AT89C51 yang begitu populer. Tapi Uda terus mencari rangkaian2 yang luar biasa. nah waktu itu ketemunya jam propeller. Tapi jam ini tidak menggunakan microcontroller seperti yang biasa Uda pakai, jam ini menggunakan microcontroller PIC16F84A keluaran microchip. Setelah di baca-baca soal specnya akhirnya Uda tertarik menggunakan microcontroller ini. microcontroller ini sepertinya di atas AT89C51 specnya. Dia punya bank index yang bisa di select. lhaaaaa apa lagi ini. udah ah makin ngawur aja ceritanya. Tu de poin aja..


Akhirnya Uda bertemu dengan Arduino. Wah senangnya. microcontroller ini paling enak di tulis. menulis programnya pun di platform sendiri yang di beri nama arduino IDE yang bisa di download secara gratis di https://www.arduino.cc/en/Main/Software

Arduino itu sendiri pun banyak jenisnya seperti Arduino Uno, Arduino Nano, Arduino micro, Arduino Mega, Arduino Yun dan masih banyak jenis lainnya. Karena Arduino ini Open-Sourc siapa saja boleh membuat arduino versi mereka sendiri. misalkan saja Uda membuat arduino sendiri, maka bisa saja Uda ngasih nama UdaDuino. Begitu banyak ya jenis arduino. Cuma yang terdaftar di arduino.cc salah banyaknya kok salah banyak ya,
salah satu nya seperti yang Uda sebut di atas. teman-teman bisa lihat sendiri jenisnya di https://www.arduino.cc/en/Main/Products.











Arduino yang paling populer untuk pemula adalah Arduino Uno. Uda sendiri g tau kenapa, Uda sendiri juga awalnya beli arduino uno.
Nah ini dia arduino uno. Tapi g usah beli 2 juga kali untuk belajar, hehehe... Arduino uno ini ada yang ori dan
yang clone juga lho. no mather kata nenek, yang clone juga bisa kok untuk belajar. harganya murah lagi, kira2 50-70 ribuan lah di tokopedia.
klik aja di sini untuk melihat jenis dan harganya https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=arduino

Tapi kalau semisalnya teman-teman mau yang lebih murah lagi ada kok, arduino micro atau arduino nano. harganya kisaran 28-50 ribuan. check aja deh kalau g percaya.

Trus apa hebatnya arduino???
Nah ini nih, karna dia open-source maka pabrikan pihak ketiga berlomba-lomba membuat arduino itu sendiri ataupun peralatan pendukungnya seperti sensor, controller, dan lain sebagainya dan menulis program pendukungnya yang di selipkan ke program yang dibuat. subprogram ini bernama library. Jadi kita tidak perlu repot untuk mengaktifkan peralatan pendukung tersebut. Tinggal panggil saja, masukin parameter yang kita inginkan, jadi deh

Mulai dari mana ya belajar arduino????
pertama ya tentu saja mulai dengan membeli arduinonya. hehehe. arduino apa saja terserah yang penting masuk dalam literatur arduino product.
teng...tong.... nah tu arduino pesanannya dah datang... duh senangnya,.. hehehe

Langkah berikutnya download Arduino IDE nya di link yang Uda sebut di atas. eh yang ini aja deh. masa scroll lagi ke atas ya. nih linknya https://www.arduino.cc/en/Main/Software. Setelah selesai, install ke komputernya. jadi deh telotelnya... Om telolet om....

Pasang kabel arduinonya ke USB komputer.
"Om, g ada respon dari komputernya om"
"Masa sih?!?! colokannya dah benar blum??"
"Udah tuh om"
"kamu masangnya di komputer yang mana?"
"komputer yang ini om"
"aduuuhhh ya ampun, masangnya di komputer yang ada Arduino IDEnya dong telolet"

Jadi percakapan ya belajarnya. yuk lanjut. Jadi setelah di pasang komputer akan "detect new hardware". yes yes in aja sampai finish.
sekarang coba di check di Arduino IDEnya. pencet "tools" liat "port"nya. trus centang port yang di detect sama komputer yang ada arduinonya. pilih juga jenis arduinonya di "board". mulai mengetik sketch atau programnya.

Pada bahasan selanjutnya Uda akan membahas satu persatu masalah pemprograman nya
Selamat mencoba ya. semoga sukses

Tidak ada komentar: